Membuat program fungsi kuadrat di scratch

 MEMBUAT PROGRAM FUNGSI KUADRAT DI SCRATCH 


B. Berbagai persoalan komputasi


Pada subbab sebelumnya, telah dijelaskan cara mengimplementasikan subprogram untuk mendekomposisikan program yang besar dan Kamu juga telah belajar cara memecah program menjad beberapa subprogram. Oleh karena itu, pada subbab ini akan kompleks. ditunjukkan cara menyelesaikan persoalan dengan menggunakan solusi dalam bentuk program komputer. Selain itu, juga akan ditunjukkan cara membuat program untuk  robot yang dapat mengerjakan tugas sederhana.


1.Membuat Program Fungsi Kuadrat

Ketika ingin membuat program untuk menyelesaikan persoalan, kamu perlu memahami persoalan tersebut terlebih dahulu dengan cara memahami input apa saja yang akan mengubah keluaran (hasil). langkah-langkah penyelesaian yang diperlukan, dan apa saja output yang diharapkan. Ketika belajar memahami langkah-langkah penyelesaian, kamu perlu juga mengenali bagian proses yang dapat dilakukan dengan lebih baik jika menggunakan bantuan komputer dibandingkan dengan cara biasa. Hal ini akan dapat memberikan inovasi hasil yang lebih baik.

Sebagai contoh, pada pelajaran matematika kamu telah belajar car menyelesaikan permasalahan dengan fungsi kuadrat. Fungsi koad digambarkan dengan persamaan umum seperti berikut.

y = ax² + bx + c dengan a, b, dan c adalah nilai-nilai konstanta.

Selanjutnya, kamu akan belajar cara menyelesaikan fungsi kuadrat menggunakan program komputer yang dibuat di Scratch. Fungsi kuadra banyak digunakan untuk menyelesaikan persoalan teknis dan bisnis yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Misalnya, untuk menentukan nilai maksimum atau minimum dari model bisnis yang ada, menentukan nila x yang memberikan nilai y maksimum dan minimum tersebut, nila dan x, yang memberikan nilai y = 0, serta menentukan nilai determinan (D) fungsi untuk melihat apakah fungsi mempunyai penyelesaian atau tidak. Sebelum membuat program untuk menyelesaikan persoalan tersebut, kita harus mengetahui hal-hal semacam ini sehingga dapat menerapkannya ke dalam program.


Berdasarkan penjelasan tersebut, ad beberapa hal yang dapat disimpulkan sebagai berikut.

a. Input program adalah nilai a, b, danc Input program akan diberikan pengguna ketika program dijalankan.

b. Output program adalah nilai dari determinan (D), ymin/maks(yp), xmir/mak (xp), x, dan x,. Program juga diharapkan akan menampilkan grafik dari fungsi

Proses dari input sampai menghasilkan output berlangsung sebagai berikut pengguna memasukkan input, penghitungan nilai determinan, nilai xmin/maks, ymin/maks, X, dan X Selanjutnya, program akan menggambar grafik fungsi y = f(x).






Komentar

Postingan Populer